Terapi Air pada SPA

JENIS TERAPI AIR :

Berikut adalah jenis – jenis terapi air :

  1. Mandi rendam (underwater massage), adalah terapi air dengan cara berendam di dalam sebuah bak mandi (bath tub) yang dirancang dengan berbagai jet atau nozzle dengan tekanan dan suhu yang bias diatur / dikontrol.
  2. Pusaran air (whirlpool), adalah terapi air yang menggunakan berbagai jet dengan ukuran tertentu.
  3. Kolam terapi (aquamedic), adalah kolam terapi yang didesain dengan modifikasi jet shower yang tekanan airnya disesuaikan dengan bagian-bagian tubuh yang sering mendapatkan keluhan secara fisiologi dan anatomis. Tekanan dan suhu bias diatur sesuai dengan kebutuhan terapi.
  4. Terapi semprot air (jet shower), adalah terapi air hangat dan dingin disemprotkan langsung ketubuh bagian belakang sekitar 2-3 menit. Terapi ini untuk menstimulasi sirkulasi dan bagian dalam. Fungsi dari terapi ini adalah untuk mengatasi kurang darah, radang sendi, asma dan nyeri dada.
  5. Pancuran air (veichy shower), adalah terapi dengan pancuran air dengan menggunakan tekanan dan suhu tertentu yang diatur sesuai kebutuhan. Veichy shower biasanya dipadukan dengan terapi lain,seperti lulur, masker dan sebagainya.                                                                                                                                                                              air pancoran
  6. Terapi air panas dan dingin (contrast bath), adalah terapi menggunakan dua jenis temperature, hangat dan dingin.
  7. Bubble bath, adalah terapi air dengan cara berendam di dalam bak mandi  (bath tub) yang didesain khusus dengan media air yang dapat diatur tekanan dan suhu tertentu.
  8. Mandi rendam rempah, adalah terapi menggunakan bahan-bahan herbal dan media air untuk berendam.
  9. Mandi rendam air garam, adalah terapi menggunakan air garam. Produk garam khusus berfungsi untuk merileksasikan otot-otot tubuh.
  10. Terapi air laut (thalasotherapy), adalah terapi menggunakan media air laut yang memiliki unsur penyembuh. Mineral dalam rumput laut, misalnya, berkhasiat mengurangi produksi keringat yang berlebih, membersihkan sekaligus memelihara kesehatan kulit.
  11. Mandi uap (steam), adalah terapi dengan cara duduk tenang dalam ruang beruap selama 20 menit, berfungsi mempercepat keluarnya keringat dan mengangkat segala kotoran di permukaan kulit.
  12. Mandi sauna,hampir sama dengan steam, tetapi kondisinya lebih kering, menggunakan suhu tinggi.
  13. Kompres, adalah terapi yang menggunakan handuk yang direndam dalam air panas atau dingin. Setelah diperas lalu dibalutkan pada bagian tubuh yang dituju. Kompres panas berfungsi meningkatkan aliran darah, sedangkan kompres dingin bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan.
  14. Balut, adalah terapi menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat atau dingin yang dililitkan ke sekujur tubuh. Kemudian tubuh dibalut lagi dengan handuk kering dan selimut.perawatan ini bertujuan untuk mengeluarkan lebih banyak keringat tubuh. Keringat akan membawa serta toksin atau racun-racun dari dalam tubuh. Terapi ini juga cocok bagi penderita demam, flu, sakit punggung, dan kelainan pada kulit.
  15. Ratus, adalah terapi menggunakan uap air panas. Terapi ratus ada 3 jenis yaitu: ratus rambut, ratus badan, dan ratus untuk organ intim wanita atau sering disebut dengan V-Spa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: