Jenis-jenis SPA

Jenis – Jenis SPA

 

Ada banyak jenis spa – dan itu penting untuk memahami perbedaan sehingga Anda mendapatkan pengalaman yang Anda cari. Secara umum, spa adalah tempat dimana Anda dapat menerima perawatan spa, facial paling sering pijat,, dan perawatan tubuh. Spa yang dikhususkan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan – meskipun spa medis memiliki fokus yang kuat

Berikut adalah panduan untuk berbagai jenis spa:

  • Day Spa. Menawarkan perawatan spa eksklusif pada sehari-gunakan. Banyak juga menawarkan jasa salon. Ukuran dan karakter dapat bervariasi secara luas. Yang penting di sini adalah untuk mengetahui apakah spa dipisahkan dari lingkungan salon berisik.

  • Destination Spa. Satu-satunya tujuan adalah untuk membantu Anda menjalani gaya hidup sehat melalui perawatan spa, olahraga, dan program pendidikan. Anda tinggal setidaknya dua malam. Beberapa tetap minimal tiga atau tujuh malam. Spa Masakan disajikan secara eksklusif.
  • Resort / Hotel Spa. Hal ini terletak di sebuah resor atau hotel. Ia menawarkan layanan spa, kelas kebugaran dan masakan spa bersama pilihan kesehatan yang kurang seperti steak dan burger. Ini adalah pilihan yang baik ketika seseorang ingin spa dan golf lainnya. Hal ini juga bekerja untuk pelancong bisnis dan keluarga.
  • Medical Spa. Ia menawarkan perawatan yang memerlukan pengawasan dokter, seperti laser resurfacing dan suntikan Botox. Ia juga menawarkan perawatan spa.
  • Mineral Springs Spa. Ini memiliki mineral alami, termal atau air laut yang digunakan dalam perawatan hidroterapi.
  •  Club Spa. Sebuah spa yang berlokasi di pusat kebugaran atau klub kesehatan.
  • Cruise Ship Spa. Kapal kapal pesiar yang menyediakan perawatan spa, kebugaran dan komponen kesehatan dan pilihan menu masakan spa.
  • Airport Spa. Hal ini terletak di bandara dan spesialisasi dalam perawatan singkat ditujukan wisatawan, seperti 15 menit kursi pijat dan terapi oksigen. Beberapa juga menawarkan perawatan lagi.

 

Jenis Terapi SPA

Terapi Air pada SPA

JENIS TERAPI AIR :

Berikut adalah jenis – jenis terapi air :

  1. Mandi rendam (underwater massage), adalah terapi air dengan cara berendam di dalam sebuah bak mandi (bath tub) yang dirancang dengan berbagai jet atau nozzle dengan tekanan dan suhu yang bias diatur / dikontrol.
  2. Pusaran air (whirlpool), adalah terapi air yang menggunakan berbagai jet dengan ukuran tertentu.
  3. Kolam terapi (aquamedic), adalah kolam terapi yang didesain dengan modifikasi jet shower yang tekanan airnya disesuaikan dengan bagian-bagian tubuh yang sering mendapatkan keluhan secara fisiologi dan anatomis. Tekanan dan suhu bias diatur sesuai dengan kebutuhan terapi.
  4. Terapi semprot air (jet shower), adalah terapi air hangat dan dingin disemprotkan langsung ketubuh bagian belakang sekitar 2-3 menit. Terapi ini untuk menstimulasi sirkulasi dan bagian dalam. Fungsi dari terapi ini adalah untuk mengatasi kurang darah, radang sendi, asma dan nyeri dada.
  5. Pancuran air (veichy shower), adalah terapi dengan pancuran air dengan menggunakan tekanan dan suhu tertentu yang diatur sesuai kebutuhan. Veichy shower biasanya dipadukan dengan terapi lain,seperti lulur, masker dan sebagainya.
  6. Terapi air panas dan dingin (contrast bath), adalah terapi menggunakan dua jenis temperature, hangat dan dingin.
  7. Bubble bath, adalah terapi air dengan cara berendam di dalam bak mandi  (bath tub) yang didesain khusus dengan media air yang dapat diatur tekanan dan suhu tertentu.
  8. Mandi rendam rempah, adalah terapi menggunakan bahan-bahan herbal dan media air untuk berendam.
  9. Mandi rendam air garam, adalah terapi menggunakan air garam. Produk garam khusus berfungsi untuk merileksasikan otot-otot tubuh.
  10. Terapi air laut (thalasotherapy), adalah terapi menggunakan media air laut yang memiliki unsur penyembuh. Mineral dalam rumput laut, misalnya, berkhasiat mengurangi produksi keringat yang berlebih, membersihkan sekaligus memelihara kesehatan kulit.
  11. Mandi uap (steam), adalah terapi dengan cara duduk tenang dalam ruang beruap selama 20 menit, berfungsi mempercepat keluarnya keringat dan mengangkat segala kotoran di permukaan kulit.
  12. Mandi sauna,hampir sama dengan steam, tetapi kondisinya lebih kering, menggunakan suhu tinggi.
  13. Kompres, adalah terapi yang menggunakan handuk yang direndam dalam air panas atau dingin. Setelah diperas lalu dibalutkan pada bagian tubuh yang dituju. Kompres panas berfungsi meningkatkan aliran darah, sedangkan kompres dingin bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan.
  14. Balut, adalah terapi menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat atau dingin yang dililitkan ke sekujur tubuh. Kemudian tubuh dibalut lagi dengan handuk kering dan selimut.perawatan ini bertujuan untuk mengeluarkan lebih banyak keringat tubuh. Keringat akan membawa serta toksin atau racun-racun dari dalam tubuh. Terapi ini juga cocok bagi penderita demam, flu, sakit punggung, dan kelainan pada kulit.
  15. Ratus, adalah terapi menggunakan uap air panas. Terapi ratus ada 3 jenis yaitu: ratus rambut, ratus badan, dan ratus untuk organ intim wanita atau sering disebut dengan V-Spa.

 

4 LANGKAH MENUJU KULIT SEHAT DAN ALAMI

Tip 1. Lakukan Dry Brush Exfoliation.

Lakukan Dry Brush Exfoliation setiap pagi ketika Anda mandi, ketika tubuh dalam keadaan kering. Exfoliation atau pengelupasan kulit berfungsi mengangkat sel kulit mati sekaligus mengeluarkan racun-racun dari tubuh. Dengan gerakan menyikat, gesekan yang dihasilkan antara sikat dan kulit akan menghasilkan efek seperti dipijat, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar. Anda hanya memerlukan sikat khusus untuk badan / loofah untuk melakukan hal ini.

Tip 2. Pastikan Sistem Pembuangan Baik.

Kulit yang sehat akan diperoleh jika sistem pembuangan tubuh baik, yaitu seperti berkeringat maupun buang air kecil/besar. Mereka yang memiliki masalah kulit seperti jerawat, rosacea (kulit kemerahan karena saluran darah yang melebar) antara lain bisa dipastikan karena sistem pembuangannya tidak lancar atau baik..

Masalah ini bisa muncul antara lain karena :

· Kurang asupan air dalam tubuh. Kandungan air dalam sel kulit akan membantu memperlancar pembuangan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

· Tidak cukup serat. Menurut sebuat penelitian yang dilakukan olehi National Academy of Sciences Food and Nutrition Board di Amerika, rata-rata orang hanya mengkonsumsi serat 12 g sehari, padahal pria dewasa usia 19-50 tahun disarankan untuk mengonsumsi serat 38 g sehari dan pria di atas 50 tahun mengkonsumsi serat 31 g sehari. Sementara perempuan dewasa usia 19 – 50 tahun, kebutuhan seratnya adalah sejumlah 25 g sehari dan untuk usia di atas 50 tahun, 21 g sehari.

Tip 3. Bergeraklah

Bergerak adalah salah satu hal yang penting untuk kesehatan. Jika Anda bekerja di belakang meja, imbangi hal ini dengan berolahraga teratur. Jarang bergerak atau berolahraga bisa menimbulkan timbulnya gangguan kulit seperti jerawat maupun selulit. Jika Anda masih belum menjalankannya, mulailah berolahraga sekarang juga. Olahraga tidak harus keluar rumah, Anda bisa melakukan stretching atau skipping.

Tip 4. Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Ada beberapa lemak penting bagi tubuh karena manfaatnya bagi pembentukan membran sel, hormon, dan kimia tubuh. Lemak tak jenuh (lemak baik) membuat jantung Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit kanker. Ikan laut seperti sardin daan ikan salmon adalah contoh makanan yang mengandung sumber lemak baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: